1 Samuel 13:23 – 1 Samuel 14

Konteks sebelumnya: Saul memberikan persembahan kepada Tuhan tanpa menunggu Samuel terlebih dulu, padahal disuruh untuk menunggu. Sehingga mengakibatkan bangsa Israel kalah, dan mengakibatkan sebilah pedang atau lembing pun tida ada pada bangsa Israel kecuali pada Saul dan Yonatan.

TOKOH:

Yonatan bin Saul:

  • mengajak bujangnya untuk menyebrang ke dekat pasukan pengawal orang Filistin. namun hal ini tidak diberitahukan pada ayahnya, dan tidak ada pasukan ayahnya yang tahu. sementara mereka tidak memakai Efod.
  • Yonatan berkata pada bujangnya supaya mereka menyebrang ke pasukan Filistin, sebab mungkin Tuhan akan bertindak untuk mereka itu, karena tidak sukar bagi Allah untuk menolong, baik dengan cara orang banyak maupun sedikit.
  • yonatan membuat semacam tanda, jika mereka pergi pada pasukan Filistin memperlihatkan diri, dan orang2 Filistin berkata “berhenti, krn kami akan mendapatkanmu” maka mereka harus berhenti. tapi jika orang Filistin berkata “naiklah kemari” maka mereka harus naik sebab Tuhan akan menyerahkan mereka ke tangan Yonatan
  • yonatan naik menyerang sebab orang Filistin berkata: naiklah kemari
  • Yonatan dan bujangnya menimbulkan kekalahan 20 orang, yang mengakibatkan kegentaran di seluruh kemah pasukan Filistin, dan merupakan kegentaran dari Allah

Saul:

  • menyerang juga ketika bangsa Filistin menghadapi kegentaran.

orang Filistin:

  • menghadapi kegentaran yang besar
  • saling membunuh
  • orang ibrani yang telah lama ikut mereka berbalik menyerang dan berpihak pada Yonatan (bangsa Israel)

TUHAN:

  • memberikan kemenangan atas, dengan menyelamatkan orang ISrael pada hari itu.

APA YANG SAYA DAPAT:

  1. kekalahan (karena ketidaktaatan ayahnya) menyebabkan Yonatan, berpengharapan kepada Allah, dengan berkata mungkin ALLAH akan bertindak bagi mereka. SEBAB tidak sulit bagi ALLAH untuk menolong, baik dengan orang sedikit atau banyak.
  2. ALLAH pun menolongnya dengan 2 tahap, pertama kekalahan yang ditimbulkan ketika dia menyerang dengan bujangnya… kedua, bangsa Filistingentar dan saling membunuh
  3. PERENUNGAN: Ketika mengandalkan ALLAH maka DIA bisa menolong dengan cara yang ajaib.
  4. untuk mengalami pertolongan ALLAH perlu iman, pernyataan siapakah ALLAH dan percaya bahwa ALlah sanggup menolong. kedua, bertindak atau melakukan sesuatu.
  5. Allah bisa memakai entah sedikit atau banyak orang untuk mengalahkan musuh.

PENERAPAN:

  1. seberapa berani saya maju untuk menyelesaikan sesuatu dengan iman kepada Allah?

Uninstal medsos

Hari ini termasuk prestasi dalam hidupku, karena aku berhasil uninstal beberapa medsos. Kemarin-kemarin bukannya gabisa, tapi sayang banget ngapain pake uninstal segala. 

Jadi, aku merasa terganggu dengan beberapa aplikasi media sosial. Sebenernya mereka tidak bersalah, tapi diriku yg lemah dan rapuh ini yang tidak bisa mengendalikan diri untuk menggunakan medsos dengan bijaksana. Oleh karena itu mengapa aku tulis mengganggu tadi. Seharusnya terganggu ya.. ya begitulah pokoknya.

Medsos yg ku uninstal hari ini adalah media sosial untuk mencuitkan sesuatu, lalu aplikasi yang memberikan akses unggah foto yang dengan filter yang cantik2, dan aplikasi berlogo huruf F berwarna biru. 

Aku merasa terikat, sulit melepaskan, sekalinya pegang hape, jari langsung default mencari logo kamera gradasi magenta atau burung terbang berwarna biru muda itu. Waktu-waktuku habis menelusuri satu per satu halaman, foto2, komentar2 dsb. Aku merasa menderita krn itu. Mungkin kalo tulisanku ini dibaca, teman2 pembaca langsung menilai, ah lebay… ya biarlah dibilang begitu, gapapalah…

Tapi guys kalo dipikir2, misal sejam aja main medsos tiap hari, seminggu udah 7 jam. Sebulan udah 210 jam, alias 9 harian lah (eh, ya nggak… math saya jelek soalnya). 9 hari tu kalo kerja udah dapet lumayan banget. 9 hari bisa buat hal2 yg lebih penting dan lebih mendesak lah… apalagi kalo ditelusur, aku sih yakin nggak hanya sejam main internet. So… banyak waktu yang terbuang sia2….. 

Jam-jam sama orangtua jadi ke-skip, jam-jam belajar Firman Tuhan dan hal-hal yg penting lainnya, jadi tergeser bahkan ditiadakan. Parah nggak sih…

Efesus 5:15-17 (TB)  Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif,

dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.  

Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan. 

Jadi itu kenapa saya uninstal beberapa aplikasi medsos tadi. Emang lebay kalo dipandang dlm jaman ini. Cuma saya lagi butuh tindakan itu tadi. Mungkin beberapa waktu ke depan bisa di instal lagi…. kl butuh. Semoga Tuhan merestui dan menolong.

PD ULTAH Perkantas Solo 2017

Oleh: mas Gunawan Sri Haryono

Ulangan 31:8

JANJI TUHAN KEPADA YOSUA

  • Jangan takut: penyakit manusia termasuk yosua takut memimpin bangsa Israel. Karena akan ditinggal oleh Musa yg merupakan pemimpin raksasa rohani.
  • Allah yg akan berjalan di depanmu (menyertai Engkau) DIA sendiri, tidak mengirim wakil
  • Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan Engkau

    Yg pertama kl dilakukan Tuhan atas Yosua…

    Peninggian datang dr Tuhan, bukan dr prestasi, keahlian….

    Yosua 21:45 (TB)  Dari segala yang baik yang dijanjikan TUHAN kepada kaum Israel, tidak ada yang tidak dipenuhi; semuanya terpenuhi. 

    PANGGILAN KITA..

    Yesaya 42:6 (TB)  “Aku ini, TUHAN, telah memanggil engkau untuk maksud penyelamatan, telah memegang tanganmu; Aku telah membentuk engkau dan memberi engkau menjadi perjanjian bagi umat manusia, menjadi terang untuk bangsa-bangsa, 

    Tujuan untuk membuka mata yg buta, untuk mengeluarkan org hukuman dr tempat tahanan dan mengeluarkan org2 yg duduk dlm gelap dr rumah penjara.

    Sy adalah perjanjian Allah dg org yg belum percaya

    Saya adalah terang….

    YANG BISA KITA LAKUKAN:

    • Allah ingin membuat sejarah dari setiap orang percaya
    • Penyertaan Allah itu dialami setiap OP

    Doa: 

    1. berikan mahasiswa kunci, 
    2. Berikan satu kelompok pemuridan
    3. Berikan 1 kampus
    4. Berikan 1 kota

    Kampusku, doa dan ladangku

    Oleh: Natalia Krista, S.P

    Kondisi mahasiswa:

    Yg nampak: mengejar nilai, agamis, suka berorganisasi, hidup yg bermasalah, persoalan tipu2, persoalan keuangan dll

    Sumber persoalan: di bawah kuasa dosa ROMA 3:9, 

    Akibat:

    • Bagi dunia: peran sbg agent of change, social control tidak terwujud, dan iron stock. Penyumbang kekacauan.
    • Bagi kekal: roma 6:23… MAUT

    Apa yg dibutuhkan: Kabar baik, penyelesaian persoalan dasar, 

    Apa yg bisa kita lakukan 1:

    • BERDOA

    Ef 6:12, Ef 6:18, doa itu menggerakkan pribadi untuk menolong, menggerakkan Allah untuk menolong jiwa2

    • TERUS BERTUMBUH 
    • MELAKUKAN AMANAT AGUN

      G

    Kenapa Mahasiswa:

    Kasih Allah kepada dunia, termasuk kalangan intelektual, mahasiswa adalah kelompok yang responsif thd Injil, ladang sangat luas.

    Kenapa saya yg harus berdoa:

    Amanat Agung bg semua OP (matius 28:18-20), Kampus adalah ladang saya (Yoh 5:35), efektivitas, anda penting bagi perubahan dunia (bagi Allah, saya dianggap penting bagi dunia ini)

    Mau ndak saya berdoa bagi kampus?? 

    Penggalian teks Alkitab bentuk NARASI

    Narasi dibuat ingin menunjukkan kebenaran pada kita. Melalui cerita itu Tuhan sedang berbicara apa pada kita. Narasi ada alur: landai-puncak-landai.

    Contoh Zakheus, puncaknya ketika Yesus bertemu dg Zakheus dan org2 tdk terima Yesus makan di temoat org berdosa.

    Cara penggaliannya:

    1. Pelajaran ditemukan dr koneksi Apa, Mengapa, Bagaimana dst…

    2. Cara berpikir yg lain dr Narasi: kita bisa dengan menemukan ALUR: satu apa, dua apa, tiga apa… dr alur itu kita langsung intepretasi. Seperti menceritakan ulang, biaa diberi judul pada setiap poin alur cerita.

    3. Atau, apa yg saya baca ttg Allah, tokoh, prinsip kristen, ajaran

    PENTING: prinsip Hermeunetika tetap dipakai, gramarnya, tensesnya, konteks atas bawah, kebudayaannya dsb.

    Matius 9:9-13

    Matius 9:9-13 (TB)  Setelah Yesus pergi dari situ, Ia melihat seorang yang bernama Matius duduk di rumah cukai, lalu Ia berkata kepadanya: “Ikutlah Aku.” Maka berdirilah Matius lalu mengikut Dia. 

    Kemudian ketika Yesus makan di rumah Matius, datanglah banyak pemungut cukai dan orang berdosa dan makan bersama-sama dengan Dia dan murid-murid-Nya. 

    Pada waktu orang Farisi melihat hal itu, berkatalah mereka kepada murid-murid Yesus: “Mengapa gurumu makan bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?”

    Yesus mendengarnya dan berkata: “Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit.

    Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa.”
    http://www.bibleforandroid.com/v/64c404de94aa

    • Siapa: yesus, matius, murid-murid
    • Kapan:
    • Dimana: di rumah cukai, di rumah pengumut cukai
    • Apa: Yesus memanggil matius untuk mengikutNya. (makan di rumah Matius, pemungut cukai)
    • Mengapa: 
    • Bagaimana: Ia melihat seorang yang bernama Matius duduk di rumah cukai, lalu Ia berkata kepadanya: “Ikutlah Aku.” Maka berdirilah Matius lalu mengikut Dia. 
    • Hasil: 
    • Intepretasi: Tuhan yesus datang mencari orang yg berdosa ditunjukkan dg memanggil org lewi dan lewi mau ikut (meresponi), kedua bahkan dia mau mengajak teman2nya untuk makan dan bertemu Yesus, mau makan dengan org2 lewi yg diundang…… lewi mau mereponi undangan Tuhan Yesus dan 

    Prinsip:

    1. Yesus mencari orang2 berdosa dengan mendatangi orang berdosa tersebut, shg ia menyadari org berdosa
    2. Org berdosa yg mengikut Yesus (bertobat) akan mengajak orang lain untuk bertemu Yesus
    3. Sementara org yg menganggap dirinya benar tidak dipanggil

    Lukas 8:1-3

    Apa: perempuan2 mengikut Yesus

    Mengapa: krn mereka telah disembuhkan Yesus

    Intepretasi:

    Perempuan-perempuan yang telah disembuhkan oleh Tuhan Yesus menyertai pelayanan Tuhan Yesus dari kota ke kota dengan kekayaan mereka.

    Prinsip:

    1. Orang yang telah disembuhkan dr sakitnya atau persoalannya respon yg wajar adalah  mengikut Yesus dan melayani Yesus dengan apa yg dia miliki.

    1 Taw 21:1-17

    Apa: daud menghitung jumlah bangsa Israel

    Mengapa: sebab dibujuk Iblis

    Intepretasi:

    Iblis membujuk Daud untuk menghitung junalh Israel yg sebenernya dihadapan Tuhan merupakan kekejian (knp menghitung itu kekejian? Menghitung menggambarkan kesombongan atau kebanggaan, bahwa dia sudah menang) Dengan menyuruh Yoab, Daud menyuruh menghitung bangsa israel. krnnya Allah menghukum Israel dan hal itu membuat daud merasa berdosa. Tapi hukuman harus tetap di jalankan. Daud memilih untuk jatuh ke tangan Tuhan, maka…. dan Tuhan pun menyesal…. (brati yg dipukul adl org2 di luar yerusalem) Daud pun mengakui bahwa ia dan keluarganyalah yg bersalah, bukan bangsa Israel 

    Kebenaran:

    1. Iblis membujuk orang untuk berdosa trmasuk pemimpin dg paradigma kebanggaan (kelemahannya)
    2. Dosa atau hasil bujukan itu mengakibatkan hukuman yg keras pada rakyat dan pada diri pemimpin
    3. (Relasi yg dekat membuat Allah mengajukan 3 pilihan hukuman, dan dr relasi yg dekat pula Daud memilih untuk jatuh ke tangan Allah)
    4. Ketika Tuhan memberikan hukuman, hukumannya bersifat measurable (Tuhan mengukur hukuman tsb)
    5. Ketika melakukan kesalahan pemimpin merendahkan diri, mengaku dosa dan mengambil tanggung jawab

    Knp org Benyamin tidak? Apakah krn masih ada respon dr org Benyamin yg menolak Daud

    Apa: ditemukan dari tokoh yang menonjol disitu. Tidak harus Allah atau Tuhan Yesus.

    PD pekerja

    2 Raja2 3: 15, 16
    Para raja yg berperang dg moab kesulitan krn kurang air. Maka Allah berfirman kpd elisa: bangsa israel dibuatparit, tidak akan turun hujan tapi akan ada air. Ini pun perkara mudah bagi saya.

    Tuhan menyediakan apa yg kita butuhkan ketika saya berperang, Tuhan yg akan menyerahkan (jawa: dilungke) bangsa2, kampus2. Ketika saya maju Tuhan yg mencukupi tapi juga menyerahkan tempat/ kampus